KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
NAMA SEKOLAH : SMA KEMALA BHAYANGKARI 1
SURABAYA
MATA PELAJARAN/KELAS : GEOGRAFI / XII IPS
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH SOAL : PILIHAN GANDA : 50
BUTIR
NO
|
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1
|
Siswa
memahami dan menguasai :
- Konsep geografi
|
Konsep
geografi
|
Menjelaskan
fenomena geosfer untuk menentukan konsep geografi
|
1
|
2
|
Siswa memahami dan menguasai Pendekatan geografi
|
Pendekatan
geografi
|
Menganalisis
fenomena geosfer untuk menentukan pendekatan geografi
|
2
|
3
|
Siswa memahami dan menguasai :
Prinsip
geografi
|
Prinsip
geografi
|
Menentukan
prinsip geografi untuk mengkaji fenomena geosfer
|
3
|
4
|
Siswa memahami dan menguasai :
Aspek
geografi
|
Aspek
geografi
|
Menentukan
aspek geografi untuk mengkaji fenomena geosfer
|
4
|
5
|
Siswa menentukan karakteristik :
Jagat raya
|
Jagat raya
|
Menentukan
teori jagat raya
|
5
|
6
|
Siswa menentukan karakteristik :
Tata surya
|
Tata surya
|
Menentukan
jenis planet berdasarkan kriteria tertentu
|
6
|
7
|
Siswa menentukan karakteristik :
Bumi
sebagai planet
|
Bumi
sebagai planet
|
Menentukan
jenis lempeng penyebab terbentuknya pegunungan
|
7
|
8
|
Siswa menentukan karakteristik :
Tata
surya
|
Tata
surya
|
Menganalisis
terbentuknya planet menurut teori tata surya
|
8
|
9
|
Siswa memahami dan menguasai :
litosfer
|
Batuan
|
Menjelaskan
siklus perubahan batuan
|
9
|
Menjelaskan
manfaat jenis batuan metamorf
|
10
|
|||
Vulkanisme
|
Menentukan
hasil intrusi magma
|
11
|
||
Menentukan
dampak yang timbul akibat aktivitas vulkanisme
|
12
|
|||
Seisme
|
Menghitung
lokasi episentrum gempa
|
13
|
||
Tektonisme
|
Menentukan
jenis gerak orogenesa terhadap fenomena alam di suatu wilayah
|
14
|
||
Menganalisis
akibat gerak lempeng di Indonesia
|
15
|
|||
Lapisan
Tanah
|
Menentukan
karakteristik jenis tanah di suatu wilayah
|
16
|
||
10
|
Siswa memahami dan menguasai :
atmosfer
|
Atmosfer
|
Menjelaskan
karakteristik lapisan atmosfer
|
17
|
Iklim
|
Menghitung
iklim berdasarkan tipe iklim Schimdt-Ferguson
|
18
|
||
11
|
Siswa mengklasifikasi :
hidrosfer
|
Hidrologi
|
Menentukan
proses yang terjadi dalam siklus hidrologi
|
19
|
Pola
Aliran Sungai
|
Menentukan
letak pola aliran sungai
|
20
|
||
Arus
Laut
|
Menganalisis
dampak yang ditimbulkan akibat pergerakan arus laut
|
21
|
||
12
|
Siswa memahami dan menguasai :
biosfer
|
Flora
Dunia
|
Menentukan
karakteristik flora dunia
|
22
|
Flora
Indonesia
|
Menentukan
persebaran flora di Indonesia
|
23
|
||
Fauna
Dunia
|
Mengidentifikasi
persebaran fauna di dunia
|
24
|
||
Fauna
Indonesia
|
Mengidentifikasi
fauna di Indonesia
|
25
|
||
13
|
Siswa memahami dan menguasai kependudukan
|
Piramida
Penduduk
|
Menjelaskan
kondisi penduduk berdasarkan piramida penduduk
|
26
|
Menghitung
jumlah penduduk di suatu wilayah
|
27
|
|||
Permasalahan
Kependudukan
|
Menjelaskan
upaya mengatasi masalah kependudukan
|
28
|
||
Migrasi
Penduduk
|
Menjelaskan
pola perpindahan penduduk
|
29
|
||
14
|
Siswa mengaplikasi pengetahuan untuk mengatasi
permasalahan sumber daya alam
|
Pemanfaatan
lahan Sumber Daya Alam
|
Menentukan
pemanfaatan lahan untuk kegiatan peternakan dan pertanian
|
30
|
15
|
Siswa
memahami dan menguasai sumber daya alam
|
Manfaat
SDA
Persebaran
SDA
|
Menjelaskan
manfaat SDA tanah
|
31
|
|
|
Menentukan
daerah penghasil sumber daya alam
|
32
|
|
16
|
Siswa
mengaplikasi pengetahuan untuk mengatasi permasalahan sumber daya
alam
|
Menganalisis
faktor penghambat manfaat sumber daya alam
|
33
|
|
Permasalahan
Lingkungan Hidup
|
Menganalisis
upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan hidup
|
34
|
||
17
|
Siswa
mengaplikasi pengetahuan untuk mengatasi permasalahan pembangunan berkelanjutan
|
Pembangunan
Berkelanjutan
|
Menganalisis
faktor penghambat pemanfaatan energi alternatif
|
36
|
18
|
Siswa
memahami dan menguasai peta
|
Proyeksi
Peta
|
Mengidentifikasi
jenis proyeksi
|
36
|
19
|
Siswa
mengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan peta
|
Skala
Peta
|
Menghitung
skala peta topografi dan pemanfaatan lahan di titik ketinggian tertentu
|
37
|
Menghitung
titik ketinggian tertentu pada peta topografi
|
38
|
|||
Industri
|
Menentukan
industri yang cocok didirikan pada wilayah tertentu berdasarkan kriteria
tertentu
|
39
|
||
20
|
Siswa
mengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan
penginderaan jauh
|
Interpretasi
Citra
|
Menentukan
objek berdasarkan hasil interprestasi citra
|
40
|
21
|
Siswa
mengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan
penginderaan jauh
|
Menjelaskan
unsur interprestasi citra yang nampak pada suatu objek
|
41
|
|
22
|
Siswa
mengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan SIG
|
SIG
|
Menentukan
penggunaan peta untuk menganalisis peta SIG
|
42
|
23
|
Siswa
mengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan SIG
|
Manfaat
SIG
|
Menentukan
pemanfaatan SIG di bidang lingkungan hidup
|
43
|
24
|
Siswa
memahami dan menguasai interaksi desa-kota
|
Interasi
Desa – Kota
|
Mengidentifikasi
ciri – ciri desa
|
44
|
Mengidentifikasi
ciri – ciri masyarakat kota
|
45
|
|||
25
|
Siswa
menentukan karakteristik wilayah dan pewilayahan
|
Konsep
Wilayah dan Perwilayahan
|
Menghitung
lokasi titik henti
|
46
|
26
|
Siswa memahami dan menguasai wilayah dan pewilayahan
|
Mengidentifikasi
pusat pertumbuhan di daerah tertentu
|
47
|
|
27
|
Siswa
menentukan karakteristik negara maju dan negara berkembang
|
Negara
Maju – Berkembang
|
Menentukan
ciri negara maju - berkembang
|
48
|
Menentukan
negara maju berdasarkan peta yang disajikan
|
49
|
|||
Menganalisis
pemecahan masalah yang terjadi pada suatu negara
|
50
|