KISI-KISI
SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER GASAL (MATRIKULASI)
NAMA
SEKOLAH : SMA KEMALA
BHAYANGKARI 1 SURABAYA
MATA
PELAJARAN :
GEOGRAFI KELAS : X
BENTUK SOAL :
ALOKASI
WAKTU : 75 MENIT
JUMLAH
SOAL : URAIAN : 15 BUTIR URAIAN (SUBJEKTIF)
TAHUN
PELAJARAN : 2014 - 2015
NO.
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
.
|
Menjelaskan konsep
geografi
Menjelaskan konsep
geografi
Menjelaskan
pendekatan geografi
Menjelaskan prinsip
geografi
Menjelaskan aspek
geografi
Menjelaskan Obyek Geografi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
|
Hakikat
Geografi
Hakikat
Geografi
Hakikat Geografi
Hakikat
Geografi
Hakikat
Geografi
Hakikat
Geografi
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
Jagat
raya dan tata surya
|
Pengertian geografi
Konsep geografi
Pendekatan Geografi
Konsep Geografi
Aspek geografi
Objek studi geografi
Teori lempeng tektonik
Proses terjadinya bumi dan
sejarah perkembangan bumi
Proses terjadinya bumi dan
sejarah perkembangan bumi
Galaksi
Teori pembentukan jagat raya
Sistem tata surya
Sistem tata surya
|
Menguraikan pengertian geografi dari hasil
kesepakatan seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia
Menguraikan konsep geografi dari Ikatan
Geografi Indonesia
Menjelaskan
perbedaan metode/pendekatan geografi melalui pendekatan kewilayahan
Menganalisis fenomena geosfer sesuai
dengan prinsip geografi
Menjelaskan aspek fisik dan aspek social
geografi
Mengidentifikasi objek
studi geografi
Menganalisis teori
apungan benua dari berbagai ahli
Mengidentifikasi
lempeng – lempeng di dunia
Mendeskripsikan
gejala gempa tektonik
Mengidentifikasi
tipe – tipe galaksi
Mengidentifikasi
anggota tata surya
Mengidentifikasi
ciri – ciri benda – benda yang ada di dalam sistem tata surya
Mengidentifikasi
Revolusi dan Rotasi Bumi
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
2
11
3
4
12
5
6,13
7
8
9
10
14,15
|
Surabaya, 12 Mei 2015
Penyusun,
HARI MURJANTO
KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
NAMA
SEKOLAH : SMA KEMALA
BHAYANGKARI 1 SURABAYA
MATA
PELAJARAN :
GEOGRAFI KELAS : XI IPS BENTUK SOAL :
ALOKASI
WAKTU : 90 menit
A. PILIHAN GANDA (OBJEKTIF)
JUMLAH
SOAL : PILIHAN GANDA : 25 BUTIR URAIAN :
5 BUTIR
B. URAIAN (SUBJEKTIF)
TAHUN
PELAJARAN : 2014 - 2015
NO.
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
1.
2..
3.
4.
5.
|
Menganalisis sebaran
flora dan fauna
Menjelaskan pengertian
fenomena antroposfer
Menganalisis
aspek kependudukan
Mengidentifikasi
jenis-jenis sumber daya alam
Menjelaskan
pemanfaatan sumber daya alam secara arif
Mendeskripsikan
pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
Biosfer
Antroposfer
Sumber Daya Alam
Sumber daya
alam secara arif
Wawasan Lingkungan
Pelestarian Lingkungan Hidup
|
Sebaran flora di Indonesia
Sebaran fauna
di permukaan bumi
Piramida Penduduk
Potensi
sumber daya alam
Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
Pembangunan
berwawasan lingkungan
Konsep
pelestarian lingkungan hidup
Unsur-unsur
mempengaruhi lingkungan hidup
Pencemaran
pada lingkungan hidup
Rantai
makanan
Daur
atau siklus fosfor
Pengertian
lingkungan hidup
Permasalahan
lingkungan hidup
Konsep
pembangunan berkelanjutan
|
Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia.
Menganalisis persebaran flora dan fauna di dunia
Mengidentifikasi ciri-ciri piramida
penduduk muda
Menghitung sex ratio
Menganalisis potensi sumber daya alam
Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan
prinsip ekoefisiensi
Mengidentifikasi tentang
pembangunan berwawasan lingkungan
Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
Menjelaskan unsur-unsur mempengaruhi lingkungan hidup
Mengidentifikasi pencemaran pada lingkungan hidup
Mendeskripsikan rantai makanan
Mengidentifikasi daur atau siklus fosfor
Merumuskan pengertian lingkungan hidup
Mengidentifikasi permasalahan lingkungan hidup
Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
|
A
A
A
A
A
A
A
A
A
A
B
A
A
A
A
B
A
B
|
1
2
3
4
5,6
7
8
9,10,11,12,14
13,17
15
1
16
18,19
20
21
2,3,4
22,23,24,25
5
|
Surabaya, 12
Mei 2015
Penyusun,
Hari Murjanto
KISI-KISI
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
NAMA
SEKOLAH : SMA KEMALA
BHAYANGKARI 1 SURABAYA
MATA
PELAJARAN :
GEOGRAFI
BENTUK SOAL :
ALOKASI
WAKTU : 90 menit A. PILIHAN GANDA (OBJEKTIF)
JUMLAH
SOAL : PILIHAN GANDA : 15
BUTIR URAIAN : 5
BUTIR B. URAIAN (SUBJEKTIF)
TAHUN
PELAJARAN : 2012 - 2013
NO.
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
1.
2..
3.
4..
.
|
Menjelaskan
pengertian fenomena biosfer
Menganalisis sebaran
flora dan fauna
Menjelaskan pengertian
fenomena antroposfer
Menganalisis
aspek kependudukan
|
Biosfer
Antroposfer
|
Pengertian biosfer
Faktor mempengaruhi persebaran
organisme
Sebaran fauna
di permukaan bumi
Sebaran fauna di Indonesia
Sebaran flora di permukaan bumi
Sebaran flora di Indonesia
Pengertian antroposfer
Sumber data kependudukan
Komposisi penduduk
|
Mendeskripsikan pengertian biosfer
Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna
Mengidentifikasi sebaran hewan di muka bumi
Mengidentifikasi sebaran fauna di muka bumi
Mengidentifikasi sebaran fauna di Indonesia
Mengidentifikasi sebaran flora di muka bumi
Mengidentifikasi sebaran flora di Indonesia
Mengidentifikasi sebaran fauna dan flora di
Indonesia
Mendeskripsikan pengertian antroposfer
Mengidentifikasi sumber data kependudukan
Mendeskripsikan komposisi penduduk menurut umur dan
jenis kelamin
|
A
A
B
A
B
A
A
B
A
A
A
A
A
B
A
B
|
1
2,3
1
4
2
5
6
3
9
7
10
11
12,13
5
14,15
4
|
Surabaya,
9 Oktober 2012
Yang
Membuat
Hari
Murjanto