KISI-KISI
PRA UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016
NAMA
SEKOLAH : SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
MATA
PELAJARAN/PROGRAM : GEOGRAFI/XII IPS
ALOKASI
WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH
SOAL : 40
PILIHAN GANDA / 5 URAIAN
A.
PILIHAN
GANDA
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
1.
|
Menerapkan
keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.
|
Menerapkan
keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
|
Dasar-dasar
peta dan pemetaan
|
Konsep
peta
|
A
|
1
|
Jenis-jenis
peta berdasarkan bentuknya
|
A
|
2
|
||||
Komponen
peta
|
A
|
3
|
||||
Menghitung
skala baru peta yang diperbesar
|
A
|
4
|
||||
Menghitung
skala kontur
|
A
|
5
|
||||
Manfaat
peta
|
A
|
6
|
||||
Proyeksi peta
|
Konsep
proyeksi peta
|
A
|
7
|
|||
Proyeksi
peta berdasarkan bidang proyeksi
|
A
|
8
|
||||
Proyeksi
peta berdasarkan sumbu simetri
|
A
|
9
|
||||
Proyeksi
menurut ketentuan geometrik
|
A
|
10
|
||||
Menganalisis
penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk
|
Penggunaan peta
|
Analisis
lokasi industri melalui peta
|
A
|
11
|
||
Analisis
lokasi pertanian melalui peta
|
A
|
12
|
||||
2
|
Mendeskripsikan
pemanfaatan citra penginderaan jauh dan sistem informasi geografi sebagai
media informasi fenomena geosfer
|
Menginterpretasi
citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatannya sebagai sumber informasi
geosfer.
|
Penginderaan Jauh
|
Sistem
penginderaan jauh
|
A
|
13
|
Media
citra
|
A
|
14
|
||||
Interpretasi
citra pada bentang alam dan bentang budaya
|
A
|
15
|
||||
A
|
16
|
|||||
A
|
17
|
|||||
Manfaat
penginderaan jauh
|
A
|
18
|
||||
A
|
19
|
|||||
A
|
20
|
|||||
Mendeskripsikan
Sistem Informasi Geografis sebagai media infomasi fenomena geosfer.
|
Sistem Informasi Geografi
|
Keunggulan
SIG
|
A
|
21
|
||
Komponen
SIG
|
A
|
22
|
||||
Tahapan
kerja SIG
|
A
|
23
|
||||
A
|
24
|
|||||
A
|
25
|
|||||
Manfaat
SIG
|
A
|
26
|
||||
A
|
27
|
|||||
A
|
28
|
|||||
3
|
Mendeskripsikan
wilayah dan perwilayahan di dunia
|
Membedakan
pola keruangan dan interaksi desa-desa, desa-kota dan kota-kota.
|
Karakteristik desa
|
Perkembangan
desa
|
A
|
29
|
Karakteristik
kota
|
Perkembangan
kota
|
A
|
30
|
|||
Struktur
penggunaan lahan kota menurut teori inti ganda
|
A
|
31
|
||||
Struktur
penggunaan lahan kota menurut teori sektoral
|
A
|
32
|
||||
Interaksi desa-kota
|
Teori
interaksi titik henti
|
A
|
33
|
|||
Faktor
penyebab urbanisasi
|
A
|
34
|
||||
Mendeskripsikan
konsep wilayah dan perwilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
|
Konsep dan
pengembangan Wilayah
|
Konsep
pusat pertumbuhan
|
A
|
35
|
||
Pengembangan
wilayah
|
A
|
36
|
||||
A
|
37
|
|||||
A
|
38
|
|||||
Mendeskripsikan
karakteristik negara berkembang dan negara maju
|
Negara maju dan negara berkembang
|
Negara
maju
|
A
|
39
|
||
Ciri-ciri
negara berkembang
|
A
|
40
|
B.
URAIAN
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
Menerapkan
keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.
|
Menerapkan
keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
|
Dasar-dasar peta dan pemetaan
|
Komponen
peta
|
B
|
1
|
Skala
peta
|
B
|
2
|
||||
2
|
Mendeskripsikan
pemanfaatan citra penginderaan jauh dan sistem informasi geografi sebagai
media informasi fenomena geosfer
|
Menginterpretasi
citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatannya sebagai sumber informasi
geosfer.
|
Penginderaan jauh
|
Interpretasi
citra
|
B
|
3
|
Mendeskripsikan
Sistem Informasi Geografis sebagai media infomasi fenomena geosfer.
|
Sistem informasi geografis
|
Sub
sistem SIG
|
B
|
4
|
||
3
|
Mendeskripsikan
wilayah dan perwilayahan di dunia
|
Mendeskripsikan
konsep wilayah dan perwilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
|
Pengembangan wilayah
|
Pengembangan
wilayah Indonesia
|
B
|
5
|
Surabaya, 30 Desember 2015
Guru Mata Pelajaran Geografi
Aditya Zulmi Rahmawan,
S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar